4 Masalah pada Water Heater yang Seringkali Muncul

Einiras – Water heater merupakan hal paling penting dan banyak digunakan di rumah, berarti saat ini sudah banyak sekali orang yang membutuhkan air hangat untuk mandi, mencuci serta pekerjaan rumah tangga yang biasa dilakukan.

Namun, seperti alat elektronik pada umumnya, water heater terkadang juga tidak berfungsi sebagaimana mestinya dan mengakibatkan Anda harus mengeluarkan dana lebih untuk melakukan perbaikan pemanas air di rumah.

Belum lagi jika kerusakan pada water heater ternyata lebih parah dari perkiraan dan mengharuskan Anda memanggil seorang teknisi untuk mengatasi masalah tersebut. Nah, berikut ini beberapa masalah yang sering terjadi pada pemanas air serta dengan penyebabnya.

Air Panasnya Kurang

Apabila ketika Anda ingin menggunakan air hangat dan aliran yang keluar dari kran tidak maksimal, kemungkinan terbesar terdapat endapan mineral pada bagian tangki water heater. Endapan inilah yang menjadi penyebab utama air tidak bisa keluar secara maksimal.

Jika sudah begitu, Anda harus menunggu dengan waktu yang lama hingga bak atau bathtub terisi penuh. Tentu saja hal tersebut bisa jadi membuat mood jadi jelek. Lalu apa yang harus dilakukan bila terdapat masalah seperti ini?

Mau tidak mau Anda harus meluangkan waktu untuk menguras tangki water heater, guna membersihkan endapan di dasar tangki supaya air dapat mengalir dengan normal lagi. Namun, jika Anda merasa ternyata kerusakannya lebih parah, segera hubungi teknisi yang memiliki keahlian di bidang tersebut.

Terdengar Suara Bising

Apabila dari water heater terdengar bising, carilah dari mana suara tersebut berasal. Jika Anda menemukannya dari saluran pipa, artinya bisa saja terdapat penumpukan sedimen pada pipa. Cara satu-satunya adalah dengan mengangkat tuas yang ada ke arah atas pada pressure relief valve. Ini berguna untuk mengetahui apakah suara bising tersebut masih ada atau sudah menghilang.

Jika ternyata masih ada suaranya, sebaiknya segera hubungi teknisi yang sudah profesional. Apabila Anda menggunakan water heater miliki ARISTON, Anda dapat menghubungi pihak service center dan meminta mereka untuk mendatangkan tenaga ahli untuk membantu Anda.

Warna Air Keruh

Jika air yang keluar tidak bening atau keruh, itu pertanda Anda harus langsung memeriksa tangki dari water heater. Hal tersebut bisa disebabkan oleh bakteri atau mineral sudah menumpuk di tangki kemudian mengalir keluar melalui saluran air dan ini dapat menjadi indikasi bila pipa serta pemanas air Anda telah berkarat.

Cara memperbaikinya dengan melakukan pengosongan pada tangki, kemudian membersihkan bagian dalamnya guna membuang endapan mineral serta bakteri yang ada di air. Anda bisa melakukan hal ini secara berulang hingga air yang keluar dari kran kembali bening. Namun, bila tidak ada perubahan ada baiknya Anda segera menghubungi teknisi untuk memeriksa water heater secara keseluruhan.

Airnya Berbau

Masalah satu ini termasuk yang paling sering terjadi, yaitu air yang keluar dari keran memiliki bau tidak sedap bahkan kadang baunya tidak sedap. Hal seperti ini bisa terjadi dikarenakan adanya bakteri yang berkembang pada air di dalam tangki.

Namun, bisa juga disebabkan oleh magnesium anoda yang telah rusak dan sudah waktunya untuk diganti dengan yang baru. Magnesium ini berguna untuk mencegah munculnya karat pada water heater dan membantu alat pemanas air Anda tersebut tetap dalam keadaan baik.

Cara yang bisa Anda lakukan untuk menghilangkan bau tersebut adalah dengan menguras air dan menggantinya menggunakan air yang baru untuk menghilangkan bakteri. Apabila ketika sudah diganti dan masih berbau tidak sedap, Anda harus memanggil tukang supaya batang atau magnesium anodanya diganti.

Itulah beberapa masalah water heater yang kerap muncul. Sebagai antisipasi, sebaiknya Anda mencari tahu segala informasi terkait pemanas air terbaik ARISTON. Dengan begitu Anda bisa segera mengatasi masalah pemanas air agar tidak berlarut-larut.

Leave a Comment