Rekomendasi Investasi Penghasil Cuan 2021

Einiras – Sebagian besar orang semakin serius mempertimbangkan investasi penghasil cuan tahun ini. Sebabnya karena pandemi belum berakhir dan orang-orang tetap butuh kepastian dalam hal keuangan.

Nah di titik itulah kegiatan menanamkan uang di sektor tertentu dianggap sebagai salah satu jalan keluar untuk menumpuk kapital. Masalahnya tentu tidak semua investasi memberikan imbal balik yang sepadan dengan modal yang ditanamkan.

Komitmen pada investasi penghasil cuan

Komitmen dan fokus pada satu sektor investasi merupakan hal yang perlu dilakukan ketika Anda berniat menaruh dana/modal pada instrumen investasi tertentu.

Di luar sana ada banyak pilihan instrumen investasi. Tapi hanya beberapa di antaranya yang benar-benar memberikan cuan yang Anda inginkan:

Properti

Hunian, rumah tapak, apartmen, ruko dan berbagai jenis properti lain masih jadi alternatif investasi yang secara tradisional dikenal luas sebagai instrumen yang menjanjikan keuntungan yang naik dari tahun ke tahun.

Menjalin kemitraan dengan investor, atau mengelola properti secara mandiri, merupakan dua opsi yang bisa diambil ketika Anda mempertimbangkan menaruh dana di sektor properti.

Equity Crowdfunding

Bisnis yang dijalankan atau dimiliki orang lain bisa jadi lahan di mana Anda menaruh modal. Pada sektor investasi di bidang equity crowdfunding, Anda menanamkan dana di perusahaan tertentu melalui situs equity crowdfunding.

Setelah itu Anda berhak memiliki porsi kepemilikan perusahaan yang menerima dana Anda, sekaligus mendapat keuntungan bila perusahaannya berhasil.

Investasi dalam bentuk deposito berjangka

Tabungan biasa sudah teramat sangat biasa. Kenapa Anda tidak coba yang lain seperti deposito berjangka, misalnya? Resiko investasi dalam bentuk deposito berjangka biasanya sangat minim.

Dengan bunga yang lebih besar ketimbang tabungan biasa, ia sekaligus bisa jadi sebuah opsi terbaik untuk jangka panjang.

Umumnya investasi dalam bentuk deposito berjangka menjanjikan keuntungan sebesar 5 hingga 7 persen per tahunnya. Tidak terlalu besar memang, namun boleh lah dianggap investasi untuk jangka panjang.

Menabung emas

Investasi emas pada dasarnya merupakan jenis investasi jangka panjang, di mana manfaatnya baru akan terasa dalam 5 sampai 10 tahun ke depan.

Emas disukai sebagai elemen investasi karena sifatnya yang bandel, alias tahan terhadap inflasi. Dan yang lebih menarik, Anda bisa berinvestasi emas secara online.

Jadi setiap jual beli emas kini bisa dilakukan melalui aplikasi online, baik lewat Pegadaian Digital maupun lewat Brankas Antam.

Mengapa mulai berinvestasi?

Pada dasarnya nilai uang yang kita pegang sekarang bisa menurun karena inflasi. Katakanlah Anda sekarang bisa membeli sebuah handphone baru Samsung tipe AC seharga Rp 5 juta, boleh jadi sepuluh tahun kemudian Anda tidak bisa membelinya, walaupun membawa uang dalam jumlah yang sama.

Jadi alasan pertama kenapa investasi harus mulai dipertimbangkan sekarang adalah: inflasi bisa menyebabkan tergerusnya nilai mata uang. Dan tentu saja masih ada beberapa alasan lain yang menjelaskan alasan harus berinvestasi hari ini:

  • Investasi membantu Anda mengembangkan dana dalam jangka panjang.
  • Investasi hari ini mudah dilakukan, misalnya melalui aplikasi online.
  • Investasi membantu memperkecil resiko terjerat hutang.
  • Investasi membantu membangun kebahagiaan hidup.

Beberapa tips sebelum mulai investasi

Anda sudah yakin mau mulai berinvestasi? Ikuti dulu beberapa tips di bawah ini agar tidak salah jalan:

  • Siapkan dana darurat yang bisa dipakai sewaktu-waktu, setidaknya untuk 6 bulan.
  • Pahami resiko investasi, bahkan yang paling kecil sekali pun.
  • Tentukan dulu tujuan Anda berinvestasi.
  • Pilih platform investasi yang bisa dipercaya dan legal.

Investasi penghasil cuan memang banyak opsinya dan Anda bisa memilih instrumen investasi apapun yang sesuai dengan tujuan dan kekuatan finansial.

Sudah siap investasi sekarang?

Leave a Comment