Tips Merawat Water Heater agar Mandi Air Hangat Lebih Nyaman

Dalam melakukan perawatan bagi water heater dapat Anda lakukan secara maksimal dan berkala merupakan hal penting yang memang harus dilaksanakan demi menjaga agar mesin pemanas air yang Anda miliki tetap berfungsi dengan baik.

Dimana jika mesin pemanas air tersebut dapat berfungsi sebagaimana mestinya, Anda dan keluarga tentunya dapat merasakan manfaat dari water heater yang terpasang di rumah.

Mesin pemanas air memang harus diperhatikan secara khusus dengan melakukan perawatan rutin. Berikut ini adalah tips untuk perawatan water heater :

Pastikan jika air yang akan digunakan bersih

Idealnya air yang akan digunakan untuk water heater haruslah air baku atau air yang tidak memiliki kandungan kapur, pasir, garam, batu dan lumpur. Kenapa? Karena hal itu bisa menyumbat pipa saluran air di rumah.

Lalu, dalam penggunaan air dengan tangki penampungan bisa merusak keadaan dalam tangki tersebut. Kotoran yang terdapat disana pun ada kemungkinan akan menumpuk dan menyebabkan kebocoran, hal itu bisa terjadi, walau pada tangki telah diberi magnesium anoda.

Rutin untuk melakukan perawan setidaknya satu tahun sekali

Water heater yang ada di dalam rumah harus selalu Anda bersihkan, setidaknya sekali dalam setahun. Anda dapat memanggil ahli atau teknisi yang sudah berpengalaman dibidangnya untuk melakukan perawatan dan menguras air di dalam tangki water heater.

Hal ini harus dilakukan untuk membersihkan kotoran yang ada di dasar atau mengendap pada tangki water heater. Bila hal tersebut tidak dilakukan, akan membuat air menjadi tersendat dan tidak maksimal ketika digunakan.

Lakukanlah penggantian magnesium anoda tiap dua tahun sekali

Magnesium Anoda merupakan sebuah elemen yang memiliki fungsi untuk mencegah timbulnya karat pada tangki water heater. Bisa digunakan juga untuk membersihkan kotoran yang terdapat pada heat exchanger, air boiler, evaporator boler dan lainnya

Magnesium anoda bisa melembutkan, mendekontaminasi dan bisa memperpanjang usia dari mesin water heater yang Anda miliki di rumah. Untuk penggunaannya sendiri untuk pemanas air adalah sebagai pelindung atau pencegahan agar tidak terjadi korosi yang membuat tangki berkarat, dengan begitu alat tersebut akan menjadi lebih awet dan tahan lama.

Bersihkanlah seluruh sambungan

Jangan lupa memeriksa sambungan yang ada, mulai dari jalur listrik yang digunakan hingga pipanya. Pemeriksaan harus dilakukan agar Anda dapat mengetahui serta mengatasi apabila terjadi kebocoran. Pengecekan tersebut berguna untuk bisa memastikan jika kedua komponen tersebut bekerja serta berfungsi dengan maksimal dan normal.

Perhatikan penggunaannya karena dapat mempengaruhi ketahanan water heater

Terakhir yaitu selalu memperhatikan penggunaan pemanas air di rumah. Karena ternyata hal tersebut sangat berpengaruh pada keawetan dan ketahanan dari water heater yang Anda miliki. Salah satunya menjaga kebersihannya, mengelap bagian luar mesin juga berguna agar tidak terjadi korsleting listrik yang tentunya akan membahayakan.

Untuk bagian dalamnya, silahkan memanggil teknisi yang memang ahli dalam hal tersebut dan bila Anda adalah pengguna pemanas air gas ARISTON, Anda bisa menggunakan layanan servis yang disediakan oleh mereka. Cukup dengan menghubungi service centernya saja dan nanti akan ada petugas yang datang ke rumah untuk melakukan perawatan secara berkala. 

Demikianlah tips merawat water heater di rumah agar menjadi tahan lama dan juga awet. Tentunya juga membantu Anda dalam melakukan perawatan serta perhatian khusus untuk pemanas air di rumah. Anda bisa mencoba semua tips yang telah disebutkan diatas.

Leave a Comment