Rekomendasi Ide Bisnis Kecil untuk Rumah Tangga

Einiras – Ide bisnis modal kecil sebenarnya bisa ditemukan dimana saja. Dan kesempatan selalu terbuka untuk membangun bisnis bahkan dengan modal seminim mungkin. Artikel ini ingin membahas rekomendasi ide bisnis kecil yang bisa dijalankan di level rumah tangga.

Bisnis kecil yang dijalankan di level rumah tangga bisa dijalankan oleh ibu-ibu yang membutuhkan penghasilan tambahan. Selain itu bisa juga dijalankan oleh suami yang membutuhkan cadangan penghasilan.

Modal kecil tidak masalah

Bisnis rumahan pada dasarnya bisa dimulai dengan modal kecil, katakanlah sebesar 1 hingga 2 juta rupiah. Ragamnya pun banyak, dan biasanya bisa dijalankan dengan fleksibilitas tinggi. Artinya Anda bisa mengerjakannya dari rumah, kapan saja.

Jika Anda sudah siap untuk memulai dari awal dan menjalani naik turunnya perjalanan bisnis, beberapa ide berikut mungkin bisa Anda pertimbangkan:

  • Membuat konten blog maupun video

Kalau punya passion besar di bidang penulisan, Anda dapat menggunakan keterampilan tersebut untuk membuat blog dan meraup uang melalui iklan yang terpasang di blog Anda. Anda juga bisa membuat konten Youtube, bila memiliki keahlian membuat dan mengedit video.

Walau begitu bisnis blogging maupun content creator membutuhkan waktu yang relatif tidak sebentar. Mungkin butuh waktu satu sampai dua tahun agar blog maupun video yang Anda buat mendapat pembaca atau penonton yang besar.

  • Membuka kursus online

Topik apa yang paling kamu suka? Memasak? Yoga? Desain web? Jika Anda menguasai topik yang Anda sukai luar dalam, Anda dapat membantu orang lain memperkaya pengetahuan dan wawasan mereka melalui kelas virtual.

Buat instruksi atau manual yang dapat diunduh, jadwalkan kelas Anda melalui aplikasi konferensi online, dan mulailah memasarkan layanan kursus online Anda.

Ada pilihan lain juga. Jika Anda memiliki pengetahuan tentang mata pelajaran tingkat sekolah, Anda dapat memulai bisnis les privat Anda dengan anak-anak dari tingkat sekolah dasar hingga sekolah menengah. Anda dapat mengajar dari rumah ke rumah atau mengajar di rumah Anda sendiri.

Cara lain adalah Anda dapat mengajar online melalui obrolan atau konferensi video, yang sangat berguna di saat pandemi seperti ini.

  • Jual makanan ringan

Bisnis kuliner bisa dibilang salah satu bidang yang tidak akan pernah sepi dari penggemarnya, jika Anda tahu apa yang harus dijual dan bagaimana cara menjualnya. Tidak perlu modal besar, produksi snack bisa dilakukan dengan budget rendah. Anda bisa melakukan produksi dari rumah, sekaligus pemasaran.

Anda bisa memasarkannya secara online melalui media sosial atau mendaftarkan bisnis Anda di jasa pengiriman. Gabungkan ide bisnis ini dengan kelezatan kuliner terkini di pasaran, dan Anda akan dengan mudah mendapat untung.

  • Gabung dengan waralaba

Sekarang ini waralaba makanan kecil-kecilan sudah menjamur dimana-mana. Hanya dengan modal yang relatif kecil, Anda sudah bisa berjualan produk milik brand tertentu, bahkan diberikan gerobak, peralatan masak, dan dukungan teknis.

Bisnis waralaba rasanya lebih cocok bila Anda tidak punya produk, dan tidak punya waktu mengembangkan produk. Lebih jauh lagi, waralaba cocok dipilih sebagai medium berbisnis bila Anda sudah punya bayangan tentang lokasi strategis yang akan dibangunkan outlet.

Bila tekun mengembangkan waralaba, Anda bisa memperoleh penghasilan tambahan yang sustainable dalam waktu sekitar satu hingga dua tahun.

Demikianlah ide bisnis kecil yang bisa Anda kembangkan dan Anda usahakan sebagai sarana untuk memperoleh penghasilan tambahan. Mau pilih yang mana?

Leave a Comment